Sabtu, 12 November 2011

All About Twitter :P

1

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower).

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima tweets melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet"

Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.

Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweets yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Ikutan (Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit

Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Senara (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Pagar (hastag)

Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.

Isi Kicauan (tweets contents)

Isi tweets menurut Pear Analytics.

  • Berita (news)
  • Spam (spam)
  • Promosi diri (self promotion)
  • Celoteh tidak berarti (Pointless babble)
  • Percakapan (conversational)
  • Nilai lewat-terus (
  • pass-along value)

Aplikasi pihak ketiga

Kurang dari setengah tweets yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta tweets oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, teamSAR.net

Kelebihan Twitter:
■ Mudah dinavigasi dan memperbarui.
■ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
■ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
■ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
■ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
■ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
■ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
■ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
■ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
■ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya

Kelemahan Twitter:
■ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
■ Dibatasi sampai 140 karakter per update
■ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
■ Lebih menekankan pada penghitungan follower
■ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
■ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
■ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar